Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Keutamaan sholat Tahajud bahkan turut disebutkan secara langsung di dalam kitab suci Al-Qur’an beserta dengan perintah untuk mengerjakannya.

Menurut sebagian Ulamah, sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat istimewa. Hal ini dikarenakan sholat ini adalah satu – satunya sholat sunnah yang diperintahkan secara langsung oleh Allah swt.

Perintah dan penjelasan mengenai keutamaan sholat tahajud dapat dilihat dalam Al-Qur’an surah Al – Israa’ ayat 79, yaitu:

Keutamaan Sholat Tahajud bagi Umat Islam

  1. Kedudukan yang Terpuji

Dalam ayat di atas, dijelaskan bahwa umat Islam diperintahkan untuk mengerjakan sholat tahajud sebagai ibadah tambahan. Dengan mengerjakan sholat ini, harapannya Allah akan mengangkat derajat hidup kita ke tempat / kedudukan yang terpuji.

  1. Kunci Masuk Surga

Keutamaan sholat tahajud bagi umat muslim yang ke dua adalah sebagai ibadah kunci untuk masuk surga.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan umat Islam untuk menyebarkan salam, memberi makan orang – orang yang membutuhkan, menyambung tali persaudaraan, dan sholat di malam hari saat orang lain sedang tidur; niscaya dengan mengerjakan semua amal kebaikan tersebut, kita (umat muslim) akan bisa masuk ke surga dengan selamat.

  1. Merupakan Sholat Sunnah yang Paling Utama

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An Nasa’i, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa sholat sunnah yang paling baik / afdhol setelah sholat wajib adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari.

Jika berlandaskan pada riwayat hadits tersebut, maka sholat tahajud dapat digolongkan sebagai salah satu sholat sunnah yang paling utama. Kedudukan sholat ini setara dengan beberapa sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari lainnya, seperti sholat witir, dan sholat tarawih.

  1. Meningkatkan Kemuliaan dan Kewibawaan

Keutamaan sholat Tahajud yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemuliaan dan kewibawaan.

Menurut sebagian besar Ulamah, selain akan mendapatkan kedudukan yang mulia di negeri akhirat, orang yang mengerjakan sholat tahajud nantinya juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di alam dunia.

Hal ini senada dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Hakim dan Hasan. Di hadits tersebut disebutkan bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin akan sangat bergantung pada ibadah sholat malam yang dikerjakannya.

  1. Merupakan Kebiasaan Orang Shaleh

Sholat Tahajud merupakan salah satu kebiasaan yang selalu dikerjakan oleh orang – orang shalih yang hidup di jaman terdahulu. Maka dari itu, siapa pun umat Islam yang rajin mengerjakan sholat ini, maka ia akan digolongkan sebagai orang yang shaleh.

Hal ini senada dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad. Dalam hadits tersebut Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat muslim untuk membiasakan diri mengerjakan shalat malam karena sholat malam adalah tradisi orang – orang shaleh terdahulu, akan membuat orang yang mengerjakannya lebih dekat kepada Allah, menghapus dosa – dosa yang telah lalu, menolak dan menjauhkan orang yang mengerjakannya dari serangan penyakit, dan mencegah orang yang mengerjakannya dari perbuatan dosa.

  1. Doanya akan Dikabulkan

Keutamaan sholat tahajud yang selanjutnya adalah doa orang yang mengerjakannya akan lebih mudah untuk dikabulkan.

Menurut sebagian besar Ulama, waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir, yaitu di kisaran pukul 3 dini hari. Waktu tersebut adalah waktu dimana malaikat tengah turun ke bumi, sehingga jika kita berdoa pada waktu itu, doa kita akan bisa lebih mudah untuk dikabulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *