alat musik tradisional asal bali

Alat Musik Tradisional Asal Bali

Bali adalah nama pulau paling besar sebagai sisi dari propinsi itu, Bali beribukotakan Denpasar, terkecuali terbagi dalam Pulau Bali, lokasi Bali juga terbagi dalam Pulau Nusa Lembonga, Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ciningan serta Pulau Serangan. Bali teretak diantara sebagian Pulau di Jawa serta Pulau Lombok.

Bali juga adalah satu diantara Daerah di Indonesia yang sudah di kenal dengan wisatanya yang telah mendunia, dengan panorma alamnya sebagai satu diantara daya tari beberapa orang turis. Tidak cuma wisatanya bahkan juga dengan budaya kebiasaan yang begitu ketal dengan orang-orangnya, seperti tempat tinggal kebiasaan, alat musik serta semuanya maih terbangun dengan baik sapi saat ini.

Oleh karena itu jadi masyarak Indonesia kita mesti sama-sama melindungi serta melestarikan warisan bangsa yang perlu tetaplah dijaga. Banyak kebudayaan yang ada di Negara Indonesia, mualai dari Sejata tradisionil, Tarian Kebiasaan Tradisionil, Tempat tinggal Kebiasaan Tradisionil, Baju Tradisionil, serta yang umum kita nikmati sekalian kita mainkan nyaitu alat musik tradisionilnya yang ada dibeberapa daerah spesifik di Indonesia,

Alat Musik Tradisional Asal Bali

 

Dalam artikel ini saya juga akan memberi pada anda sedikit pengertian alat musik yang datang dari Daerah Bali yang begitu cukup popular itu. Beberapa alat musik yang ada di Bali juga ada di banyak daerah spesifik, namun alat musik yang datang dari Daerah Bali juga ada beberapa ketidaksamaan alat musik tradisionilnya.

Alat Musik Tradisional Asal Bali

alat musik tradisional asal bali

gambar alat musik tradisional asal bali

Ceng-Ceng

Ceng-Ceng adalah alat musik yang datang dari Daerah yang dimainkan memakai dua langkah berlainan, yang pertama dalam Ceng-Ceng ricik yang memiliki ukuran kecil sejumlah enam buah simbal di pasangkan menghadap ke atas balok yang berupa kura-kura, serta kemudan digabungkan dengan dua buah simbal kecil yang sma-sama dimainkan dengan ke-2 tangan. Ke-2 cuma memainkan dengan menggabungkan ke-2 simbal itu.

Alat musik tradisionil Ceng-Ceng berbentuk dua belah keping simbal yang terbuat berbahan logam kuningan, dan hasilkan nada ceng dengan ritme spesifik, yang bermanfaat jadi pelengkap satu gamelan pada badan rindik. Ceng-Ceng umumnya dimainkan jadi acara keagamaan Hindu.

Bali, dan bisa dipakai jadi alat pelengkap pertunjukan gamelan Daerah Bali.
Langkah memainkan Ceng-Ceng umunya dimainkan lewat cara tembaga di bagian atasnya dipukul ke sisi tembaga bundar di bagian bawah Ceng-Ceng. Dengan hal tersebut juga akan menyebabkan nada Ceng Ceng, pemain juga akan memegang ke-2 sisi atas dengan memakai ke-2 telapak tangan, saat ke-2 logam itu sama-sama beradu atau berbenturan, makan juga akan terdengar nada yag nyaring serta keras, dan ciri khas nada Simbal Propinsi Bali.

Genggong

Genggong meupakan alat musik tradisionil Bali yang dimainkan lewat cara ditiup di bagian membarannya yang hingga hasilkan bunyi getar dengan nada serupa Katak/Kodok, bila ngin mengoleh nada Genggong dapat memakai benangnya, lewat cara ditari ke samping serta memakai rongga mulut untuk meniup jadi satu diantara resonator untuk jadi besar serta mengecilkan suar Genggong yang kalian kehendaki.

Alat musik Genggong terbuat berbahan pelepah pohon enau yang telah tua, serta alat musik ini diganakan jadi souvenir yang berbentuk kerajinan-kerajianan yang datang dari Daerah Bali.

Pereret

Alat musik tradisionil Daerah Bali yang satu ini dimaksud dengan alat musik Pereret terbuat berbahan kayu dengan bentuk memanjang yang mirip bentuk terompet. Dengan spiritual alat musik Pereret mempunyai kemampuan gaib yang dapat diakui jadi pengasih, atau menghantar cinta seseorang pejaka pada gadis yang begitu disayanginya. Pereret juga seringkali dipakai dalam acara untuk mengiring pertunjukan Sewo Gati.

Rindik

Rindik adalah alat musik yang dipakai dalam acara tarian rakyat Joged Bumbung, penyambutan tamu, upacar pernikahan, serta alat untuk melengkapai aktivitas wisatawan yang tengah bersantai maupun sersantap di Daerah Bali.

Alat musik ini terbuat berbahan bambu yg tidak gampang pecah, ditempatkan berjajar dengan jumlah 11 sampi 13 batang, serta pada tiap-tiap batang itu membuat nada yang berlainan. Alat musik ini begitu serupa dengan alat musik tradisionil Kolintang.

Pemain alat musik Rindik dibedakan jadi dua jenis, yakni pemain yang pertama berperan untuk memainkan pokok lagu, serta pemain yang ke-2 berperan untuk memainkan alat Sangsih, serta apa apabila ke-2 pemain itu digabungkan jadi juga akan hasilkan nada yang serasi.

Rindik umumnya dimainkan dengan ke-2 tangan, pada tangan kanan berperan jadi alat memainkan kotekan serta tangan kiri bermanfaat jadi alat memainkan melodi, hingga jika dipadukan juga akan jadi nada yang begitu merdu.

Gamelan

Gamelan bali memiliki seperang alat musik seperti Kempu, Gong, serta Kendang yang bermanfaat jadi alat musik pengiring tarian tradisionil, pertujukan wayang kulit, serta pertunjukan spesial seni nada yang beradi di Daerah Bali. Alat musik Galeman Bli tidak memakai alat musik yang berapakah Gendang, serta alat musik Gamelan Bali terbuat berbahan logam serta tembaga.

Gamelan Bali ini digolongkan jadi tiga sisi yag salah satunya gamelan tua, gamelan madya serta gamelan baru. Dalam grup gamelan tua ada instrumen yang seperti Saron, Gong, Luwang, Selonding besi, Selonding kayu, Gambang, Angklung, Gender wayang serta Kelentang. Pada gamela madya ada instrument yang seperti Pelegongan, Pengambuhan, Gong gangsa jongkok, Ringdik gandrung, Semar pagulingan, Joge pingitan. Pada gamelan baru ada instrument seperti Joged bung-bung, Gong suling, Pengarjaan, Angklung bilah menuju, Gong kebyar, serta Pejangeran

Grantang

Alat musik Geantang yang datang dari Bali ini memanglah cukup populer serta seringkali dipakai dlam aktivitas gamelan, Gerantang ini terbagi dalam sebagian potongan yang disusun berderajat serta dimainkan memakai dua alat khusu.
Gerantang di buat dengan Bambu yang memiliki panjang 45-94cm, serta pada bambu di beri lubang yang berperan jadi alat pemaduan Gerantang. 

Demikian artikel ini yang dikutip dari https://alatmusik.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *